Serunya Liburan Dengan Sewa Mobil Jogja Di Akhir Tahun

Bicara tentang liburan di Indonesia, maka Jogjakarta merupakan destinasi yang sangat sayang sekali bila belum di kunjungi. Selain Bali yang merupakan destinasi wisata  berskala internasional ternyata Jogjakarta juga tidak kalah lho kelasnya dengan Bali bahkan mungkin akan membuat anda terkejut dengan lokasi Рlokasi wisata yang ada di sana.

Yogyakarta adalah kota yang ramai dan di huni sekitar setengah juta orang dan tujuan wisata paling populer di Jawa yang tentu saja bisa anda kunjungi dengan menggunakan sewa mobil jogja yang ada di sana. Kota ini merupakan pusat seni dan pendidikan, menawarkan beberapa belanja bagus dan memiliki berbagai macam fasilitas wisata.

Kota Yogyakarta merupakan satu dari lima kabupaten di wilayah semi otonomi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang secara harfiah merupakan “Daerah Istimewa Yogyakarta”. (Kabupaten lainnya adalah Sleman di lereng Gunung Merapi yang berapi-api ke Utara, Bantul sampai ke laut ke Selatan, bukit-bukit Gunungkidul ke Timur dan dataran rendah Kulon Progo ke Barat.) Status khusus ini adalah berkat Kesultanan Hamengku Buwono, yang telah menguasai daerah tersebut sejak tahun 1755 dan mengarahkan negara melalui masa-masa sulit pendudukan dan revolusi.

Selama perang kemerdekaan Indonesia, Sultan Hamengku Buwono IX menawarkan kepada pemerintah Indonesia yang masih muda sebagai daerah ibu kota, sehingga Yogyakarta menjadi ibu kota revolusioner republik ini dari tahun 1946 sampai 1949 ketika Jakarta masih diduduki oleh Belanda. Akibatnya, pemerintah pusat mengakui Sultan Yogyakarta sebagai gubernur terpilih Daerah Istimewa Yogyakarta; satu-satunya di Indonesia yang tidak dipilih langsung oleh masyarakat. Pemerintah pusat Indonesia telah mencoba melemahkan kekuasaan sultan dengan meminta pemilihan langsung gubernur, namun sekarang Sultan Hamengku Buwono X dipilih oleh mayoritas.

Sayangnya, Yogyakarta terletak di salah satu bagian Jawa yang paling aktif secara seismik dan oleh karena itu berulang kali dilanda gempa bumi dan letusan gunung berapi. Yang terburuk belakangan ini adalah gempa 27 Mei 2006, yang menewaskan lebih dari 6.000 orang dan meratakan lebih dari 300.000 rumah. Namun, pusat gempa berada 25km utara kota, yang dengan demikian menghindari gempa terburuk, dan upaya pemulihan bencana yang mengejutkan efektif melihat sebagian besar kerusakan fisik diperbaiki dengan cukup cepat.

Baru empat tahun kemudian, pada bulan Oktober 2010, gunung berapi di dekatnya meletus, memuntahkan lahar di desa-desa terdekat, Cangkringan dan membunuh 353 orang. Setelah bergemuruh dan matikan selama dua bulan, gunung berapi tersebut sepi pada bulan Desember 2010. Kawasan ini sekarang menjadi tempat wisata untuk menjelajahi daerah-daerah yang rusak akibat letusan. Penduduk setempat telah dievakuasi ke lokasi baru yang aman, dan kegiatannya hanya di siang hari untuk turis dan ‘kolektor pasir’.

Yogyakarta bisa diakses dengan mobil. Jalur Selatan yang membentang melalui bagian selatan Jawa (praktis dari Bandung ke Surabaya) melewati Yogyakarta. Kota ini terletak sekitar 380 km sebelah timur Bandung dan 300 km barat daya Surabaya.

Dari Jakarta bagaimanapun, melalui perjalanan jalur Selatan adalah mungkin dan biasa, pengunjung biasanya lebih suka bepergian melalui Jalur Pantura (Jalur Pantai Utara, yaitu Garis Pantai Utara). Dari Semarang, 110 km, pergi ke selatan, dan kamu akan masuk Yogyakata dari arah utara.

Perjalanan melintasi utara memotong jarak beberapa puluh kilometer, jalannya lebih lebar, dan ada lebih banyak fasilitas (restoran, akomodasi, pompa bensin) sepanjang jalan dibandingkan dengan Jalur Selatan. Namun, Jalur Pantura lebih ramai karena ada banyak truk dan bus jarak jauh di sepanjang jalan, dan terutama di musim puncak (liburan panjang), biasanya sangat padat.

Saat tiba di Yogyakarta ada banyak perusahaan rental mobil dan operator tur di kota ini, ada banyak pilihan mobil yang bisa disewa, kebanyakan adalah MPV, city car, van dan bahkan mobil mewah. Sebagian besar perusahaan lebih memilih untuk menawarkan layanan transportasi (mobil dengan layanan pengemudi) yang dapat menyesuaikan tur dan aktivitas Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *